Bintang Emas Dji Sam Soe

Senin, Maret 10, 2008 Edit This 0 Comments »

Bintang Emas Dji Sam Soe 2007

Pemain-pemain lokal mendominasi malam penghargaan Bintang Emas Dji Sam Soe 2007, Selasa kemarin.

Dari tujuh kategori penghargaan, semuanya berhasil dimenangkan oleh bintang-bintang lokal.

Nama-nama para pemenang ini terpilih dari sebuah proses panjang yang dilakukan semenjak perdelapanfinal hingga grand final Copa Indonesia 2007.

Mereka terpilih dari puluhan nama yang disaring melalui angket dan pilihan juri.

Bambang Pamungkas dari Persija Jakarta terpilih sebagai bintang pemain depan (best striker). Ia mengatasi pesaingnya yang terdekat yaitu Alberto Goncalvez da Costa dari Persipura Jayapura.

Persaingan dua nama ini cukup ketat karena Alberto merupakan pencetak gol terbanyak. Dua nama ini menyingkirkan nama-nama seperti Aliyudin (Persija Jakarta), Keith Kayamba (Sriwijaya FC), Ernest Jeremiah (Persipura Jayapura).

Persipura Jayapura memperoleh dua penghargaan melalui kapten ksebelasan Eduard Ivak Dalam untuk bintang pemain tengah (Best Mid Field) serta Ricardo Salampessy yang terpilih sebagai bintang pemain belakang (Best Defender).

“Penghargaan ini spesial bagi kedua orang tua saya. Untuk papa saya yang sedang sakit, semoga cepat sembuh. Juga untuk istri dan anak saya, kalian adalah inspirasi terbesar saya,” kata Riacardo.

Copa Dji Sam Soe Indonesia 2007 berlangsung sejak putaran 16 besar hingga grand final di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, 11-13 Januari lalu. Sriwijaya FC keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persipura Jayapura di final.

Sriwijaya FC memperoleh dua penghargaan melalui penjaga gawang Ferry Rotinsulu serta pelatih Rahmad Darmawan. Rahmad Darmawan mengalahkan Fandi Ahmad (Pelita Jaya Purwakarta), Raja Isa B Raja (Persipura Jayapura), Benny Dollo (Persita Tangerang), serta Sergey Dubrovin (Persija Jakarta).

Meski tidak ada hadiah uang yang diberikan, ketujuh pemenang mendapat hadiah berupa piala serta dihadiahi tiket dan akomodasi menyaksikan putaran final Euro 2008 di Swiss dan Austria.

Selain penghargaan di tujuh kategori di atas, Dji Sam Soe juga memberikan Lifetime Achievement Award kepada drg Endang Witarsa karena dinilai berjasa kepada sepakbola indonesia selama kurang lebih 70 tahun.

Penghargaan kepada Endang yang kini berusia 91 tahun itu diserahkan oleh Ketua KON/KOI Rita Subowo. Endang, dengan rambut yang sudah memutih, harus berjalan dengan dipapah oleh tiga orang untuk naik ke panggung.

“Saya berharap pemuda-pemuda sekarang lebih giat bermain bola. Jangan pelesir saja. Main bola ya main bola,” kata sang sepuh.

Daftar pemenang:
- Bambang Pamungkas/Persija (Bintang Pemain Depan)
- Eduard Ivakdalam/Persipura (Bintang Pemain Tengah)
- Ricardo Salampessy/Persipura (Bintang Pemain Belakang)
- Ferry Rotinsulu/Sriwijaya FC (Bintang Penjaga Gawang)
- Rahmad Darmawan/Sriwijaya FC (Bintang Pelatih Tim)
- Bambang Pamungkas-Aliyuddin/Persija (Bintang Duet Terbaik)
- M Robby/Persija (Bintang Debutan)

0 komentar: