Komputer Pribadi ( PC )

Sabtu, Maret 08, 2008 Posted In Edit This 0 Comments »

Komputer pribadi (PC)

Istilah komputer pribadi atau PC mempunyai tiga arti:

Ø Komputer pribadi yang mulai dikeluarkan oleh IBM, yang secara tidak langsung pencetus dari penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat PC IBM.

Ø Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM

Ø Istilah umum yang merujuk kepada semua jenis mikrokompter.

Sejarah PC

Komputer pribadi atau PC adalah mikrokomputer yang tidak mahal. Pada awalnya PC didesain agar hanya dapat digunakan oleh satu orang pada satu waktu, dan juga kompatibel dengan PC IBM (IBM PC compatible).

Nadi utama bagi mikrokomputer adalah Unit Pemroses Pusat mikroprosesor (microprocesor CPU). Mikroprosesor yang pertama adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.

Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."

Arsitektur dan Kartu Tambahan pada PC

Kebanyakan PC menggunakan arsitektur piranti keras (hardware)-yang kompatibel dengan PC IBM, di mana prosesor-yang kompatibel dengan x86 buatan Intel, AMD, atau Cyrix. Kemampuan piranti keras PC biasanya dapat dikembangkan dengan penambahan Kartu Tambahan (Expansion Card).

Komputer pribadi ( PC ) dapat dibagi dalam beberapa jenis:

* komputer desktop

* notebook atau laptop

* PDA

* Komputer yang bisa dipakaikan ke badan (wearable computer)

By : Habib

0 komentar: