Airpod, Kendaraan Roda 3 Dengan Stir Joystick

Kamis, Oktober 16, 2008 Edit This 0 Comments »
Airpod/NZH
WELLINGTON - Revolusi teknologi penggerak kendaraan dengan udara yang dimampatkan (air compressed) akan menjadi tren. Selendia Baru menjadi salah satu negara yang dimarakkan dengan kendaraan tersebut.

Mengusung desain futuristik, kendaraan yang dinamakan Airpod tersebut mampu melaju pada kecepatan 70 km/jam. Penghematan jelas dirasakan mengingat kendaraan ini hanya membutuhkan biaya sekira Rp20.000 untuk setiap jarak 100 km.

Seperti diberitakan New Zealand Herald, Airpod merupakan kendaraan produksi Motor Development International (MDI) yang berbasis di Luxemburg Jerman, dengan pemegang hal jual IndraNet Technologies di Selendia Baru. Namun untuk tahap awal, IndraNet tidak akan menjual mobil ini namun hanya menyewakannya. MDI dikenal sebagai ahli dalam memproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga udara. Selain Airpod, MDI juga sudah memasarkan model MiniCat, CityCat, MultiCat, dan OneCat si seluruh dunia.

Menurut Managing Director IndraNet Louis Arnoux, Airpod sangat menyenangkan dikendarai. Ini dikarenakan caa mengemudikannya tidak menggunakan stir, namun dengan joystick seperti games. 

Kendaraan ini ditenagai dengan dua mesin bertekanan udara. Masing-masing menggerakkan dua roda belakang. Pengemudi mengarahkan kendaraan dengan hanya mengontrol aliran udara pada setiap mesin yang menggerakkan kedua roda.

Meski dibayangi keraguan oleh para pengamat lingkungan dan ahli automotif Selendia Baru terhadap Airpod, IndraNet tetap akan mulai menyewakan kendaraan ini paling lambat akhir 2008. Pengamat meragukan, Airpod merupakan solusi di tengah krisis energi bahan bakar fosil. Menurut pengamat, tingkat efisiensinya dihasilkan, lantaran dimensinya yang kecil serta bobtnya yang sangat ringan.

0 komentar: