Dari Prancis ke Inggris dengan Mesin Jet di Tubuh

Kamis, Oktober 16, 2008 Edit This 0 Comments »

LONDON - Ini bukan film fiksi, melainkan aksi terbang sungguhan. Seorang warga Swiss Yves Rossy berhasil menyeberangi English Channel dari Prancis menuju Inggris, menggunakan mesin jet yang dipasangkan di punggungnya, Jum'at (26/9/2008).

Rossy dilepas dari pesawat pada ketinggian 2.400 meter dari tanah sebelum menghidupkan mesin jetnya. Perjalanannya dimulai dari Calais Prancis dan berakhir di Dover Inggris. Jarak sejauh 35,2 km ditempuhnya kurang dari 15 menit.

Rossy sempat menukik ke arah penonton sebelum mematikan mesin jet dan membuka parasutnya kemudian mendarat di sempurna di Dover.

"Ini penerbangan yang luar biasa. Langit biru, bercahaya, tak ada awan, dan cuaca mendukung. Kami persiapkan segalanya dengan sangat baik," kata Rossy seperti dikutip Associated Press, Sabtu (27/9/2008).

Penerbangan ini merupakan usaha napak tilas yang dilakukannya atas seorang penerbang Prancis Louis Bleriot, orang pertama yang menyeberangi wilayah tersebut dengan pesawat terbang 99 tahun lalu.

Sayap yang digunakan Rossy terbuat dari serat karbon. Jika diisi penuh bahan bakar ditambah mesin jet, bobotnya mencapai 55 kg. Jet yang digunakannya tidak dilengkapi alat kemudi. Untuk mengarahkannya, Rossy hanya perlu menggerakkan tubuh.

Teknisi senior dari asosiasi olahraga paralayang Inggris Mark Dale, menyebut Rossy sebagai seorang penerbang nekat namun menakjubkan.

English Channel terdapat di Samudra Artik yang memisahkan Inggris dan bagian utara Prancis.

0 komentar: