Podcar Solusi Transportasi Masa Depan

Selasa, Oktober 14, 2008 Edit This 0 Comments »

NEW YORK - Tak sedikit kecelakaan transportasi disebabkan oleh human error atau kesalahan manusia. Tetapi, di masa mendatang masalah itu lambat laun akan dapat diminimalisir dengan alat transportasi yang dikemudikan secara otomatis melalui komputer.

Kendaraan yang dioperasikan lewat kendali komputer itu diberi nama Podcars, atau PRT (Personal Rapid Transit). Nantinya, Podcars ini akan berjalan di rel khusus, mirip monorail atau subway. Bisa dipastikan Podcars menjadi salah satu pemecah solusi dari maraknya kecelakaan yang sering terjadi.

Menurut Jacob Robert, Presiden Connect Ithaca, grup perencana dan pembangunan, kini saatnya mendesain sebuah kota untuk manusia, bukan untuk kendaraan.

"Podcar adalah sebuah ciptaan yang sempurna, yang merupakan gabungan antara privasi dan otonomi era automobile dengan aspek transportasi publik, yang tentunya ramah lingkungan,"ujar Robert di depan mahasiswa New York College saat membentuk komunitas Podcar pertama di Amerika Serikat (AS), seperti diberitakan CNN, Selasa (13/10/2008)

Selain itu, Robert mengatakan krisis minyak bumi membuat podcar akan menjadi idola baru alat transportasi massal. Podcar, yang dikendarakan secara otomatis, diharapkan mampu menguraikan kemacetan, karena alat transportasi ini bebas dari lampu lintas. rencananya, pembangunan seluruh infrastruktur Pordcar akan dimulai paling lambat pada 2010.

Sekarang ini, Podcar hanya dipakai sebatas untuk bagian dari wisata saja, karena Podcar yang sekarang hanya mampu menampung kurang dari 10 penumpang saja. Banyak warga yang sudah mencoba Podcar, terlihat gembira menaiki inovasi terbaru di bidang transportasi ini.

"Cara kerjanya Podcar tak berbeda jauh seperti eskalator,namun Podcar berjalan horisontal," tambah Roberts.

Tahun depan, Bandara Heathrow di London akan mencoba sistem Podcar ini di tempat mereka. Selanjutnya, perusahaan di Swedia, Polandia, dan Korea, telah siap mengoperasikan Podcar ini di rel untuk diuji coba. Bahkan, Podcar telah dirancang di Kota Masdar, Abu Dhabi. Jika rencana tersebut berjalan sesuai rencana, maka kota tersebut akan menjadi yang pertama di dunia, yang mencoba alat transportasi yang tidak mengeluarkan karbon sama sekali.

0 komentar: