Robot Mampu Kelabui Manusia

Selasa, Oktober 14, 2008 Edit This 0 Comments »

LONDON - Komputer makin selangkah lebih dekat dengan manusia. Para ahli mensinyalir adanya perkembangan di masa datang dengan makin dalamnya keterlibatan dalam kehidupan manusia.

Ramalan masa depan tersebut bermuara dari sebuah kontes bernama tes Turing yang diselenggarakan oleh Reading University. Dalam kontes tersebut lima buah mesin ditantang untuk meyakinkan manusia bahwa yang mereka ajak bicara adalah seorang manusia, bukan sebuah mesin.

Hasil terakhir yang didapat adalah tiap-tiap mesin berhasil mengelabui setidaknya seorang manusia. Sebuah robot yang keluar sebagai pemenang adalah Elbot, robot yang mampu meyakinkan 25 persen lawan bicaranya, hampir mendekati standar 30 persen yang ditetapkan dalam tiap tes Turing.

Kemajuan teknologi seperti ini sebenarnya pernah menjadi perdebatan. Pada tahun 1950 seorang ahli matematika dan pemecahan tulisan rahasia (kriptanalis) Alan Turing berargumen bahwa percakapan adalah bukti dari intelejensi. Dengan pemikiran tersebut, bila sebuah komputer berbicara layaknya manusia, maka dalam kegiatan praktis lainnya komputer tersebut berpikir layaknya manusia juga. Padahal hal itu masih dirasa tidak mungkin ketika itu.

Percobaan untuk ?memanusiakan? mesin juga pernah dirintis oleh seorang ilmuwan Amerika yang juga merangkap seorang kriptanalis, Hugh Loebner pada tahun 1991. Ketika itu Loebner menyelenggarakan seri tahunan pertama tes Turing dengan penawaran hadiah sebesar USD100.000 atau sekira 58.000 poundsterling bagi mesin pertama yang berhasil melewati tes tersebut. Sayangnya belum keluar satu pemenang pun dalam tes yang rutin diselenggarakan itu. Namun mereka tetap menghadiahi medali perunggu bagi mesin yang mencapai hasil terdekat.

Dengan keberhasilan yang sukses diraih Reading University dalam tes Turing kali ini, Professor Kevin Warwick menanggapinya dengan antusias.

"Demonstrasi ini menunjukkan betapa dekat mesin untuk berkomunikasi dengan manusia dalam cara yang lebih menyenangkan. Pada akhirnya nanti akan ada tahap baru dalam kehidupan dimana robot memainkan peran aktif dalam kehidupan sehari-hari manusia," papar Kerwick seperti dilansir dari Scotsman, Selasa (14/10/2008).

Sebagai informasi, tes Turing merupakan tes untuk menguji coba kemampuan mesin dalam mendemonstrasikan kepintarannya. Tes ini pertama kali dirintis oleh Alan Turing pada tahun 1950.

0 komentar: